Laman

Jumat, 01 Juli 2011

Ibu...

Ibu.. Siapa ibu?? Ibu / mamah / umi / enyak dsb, adalah orang yang telah melahirkan kita. Yang telah membesarkan kita dengan penuh kasih sayang.. Tidak pernah meminta imbalan. Lain lagi ceritanya kalau ibunya itu ibu tiri seperti pada cerita Cinderela. Seorang ibu marah-marah kepada anaknya karna anaknya itu tidak solat , apa itu berarti ibu itu tidak sayang pada anaknya?? Tidak!! Marahnya seorang ibu itu pertanda sayang kepada anaknya.. Kita sebagai seorang anak, seharusnya menghormati dan menyayangi ibu kita.. Jangan malah memperlakukan ibu layaknya pembantu. Seperti pada cerita Malin Kundang.. Sayangilah ibumu.
Pernah suatu ketika datang seorang laki-laki kepada Rasulullah saw, ia bertanya kepada Rasulullah saw,” Ya Rasulullah, siapa dari manusia yang paling berhak aku utamakan? Rasulullah saw bersabda “Ibumu”. Laki-laki tersebut bertanya kembali, “kemudian siapa lagi?” Rasulullah saw bersabda, “kemudian ibumu”. Laki-laki tersebut betanya kembali, “kemudian siapa lagi?” Rasulullah bersabda, “kemudian ibumu”. “Kemudian siapa lagi?” Rasulullah bersabda, “kemudian ayahmu”. (HR Muslim ).
Imam Al-Qurthubi dalam tafsirnya “Al-Jami’ul Al-Ahkamil Qur’an” mangatakan bahwasanya hadits tersebut menunjukan tiga kecintaan dan pengorbanan seorang ibu. Ketiga perakara itu, pertama adalah pengorbanan seorang ibu ketika dalam keadaan hamil, kedua adalah pengorbanan ketika melahirkan, dan ketika adalah pengorbanan ketika menyusui serta mendidik anak. Ketiga perkara tersebut dilakukannya seorang diri.

So, Jangan mengeluh kepada ibu, meskipun hanya kata 'ah'..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar